Beli Laptop dan Permasalahan laptop BYON

Akhirnya saya datang juga yang kemarin seharian datang ke surabaya untuk nganter teman beli laptop, Mereka akhirnya Beli Laptop HP sebelum belu laptop itu kami jalan-jalan ke Hi Tech Mall Surabaya untuk mencari sesuatu yang bisa kami beli, sampai di stan Freedom Of Software (Perangkat Lunak Bebas) eh ternyata yang jualan adalah teman dari salah satu teman chat aku di dunia maya, mereka menjual berbagai macam distro linux yang sekarang ini sedang beredar di pasaran.

Dari stan itu juga di berikan gambaran linux dengan langsung melihat dekstop dan dapat mencoba langsung karena stan menyediakan sekitar 10 PC yang di install linux berbagai macam distro. Harga cd di patok dengan harga Rp. 7500,- dan DVD Rp. 15.000-25.000. karena aku cuma mau tanya tentang permasalahan mengapa laptop BYON ku ga bisa di install linux maka ya cuma tanya doank ke yang jaga stan (maklum di rumah udah buanyak distro linux), dari jawaban yang aku peroleh ternyata Laptop BYON yang ga bisa di install linxu karena jenis VGA yang ber chipset SIS Mrage 3+.
Maka dengan sedikit kecewa saya meninggalkan stan karena ku mungkin ga bisa menikmati kehebatan distro linux di laptopku.
Mohon teman-teman pengembang distro di linux di Indonesia dapat menyertakan driver untuk VGA yang berchipset SIS sehingga saya bisa menggunakan Distro linux di laptop saya. Atau bagi teman-teman yang udah tahu distro apa yang sudah support beritahu saya ya. bisa kasih komentar aja sudah cukup
atas perhatiannya teman-teman aku ucapkan terima kasih.


5 comments

lam kenal

sma nih gwe pengen nginstal linux di byon m31w tapi ko ga bisa ya..,
tapi pas coba cd linux warnet (dapet dari mudah belajar linux) live cd lancar2 az, tapi wirelaess nya ga ke detect,

gmana ya supaya wirelesss nya bisa ngdetec

Reply

Linuxnya apa ya mas, silahkan aja googiling ada kog tutorialnya....

Reply

Solusi untuk install ubuntu di laptop BYON
install ubuntu di Byon M31W...

cara install :
1. Tekan F6, 2 kali pada menu boot..
2. tekan enter pada opsi acpi=off, noapic, nolapic
3. lakukan instalasi seperti biasa

4. setelah berhasil instal....edit ('e') boot option linux tambahkan script

/boot/vmlinuz-2.6.24-16-generic root=UUID=46a87948-cb57-4d75-ba2e-cef2090d0252 ro quiet splash acpi=off noapic nolapic

5. kemudian edit menu.lst
sudo gedit /boot/grub/menu.lst

Code:

title Ubuntu 8.04, kernel 2.6.24-16-generic
root (hd0,5)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.24-16-generic root=UUID=46a87948-cb57-4d75-ba2e-cef2090d0252 ro quiet splash acpi=off noapic nolapic
initrd /boot/initrd.img-2.6.24-16-generic
quiet

6. tambahkan script berikut di /etc/modules

sudo gedit /etc/modules

Code:
Install driver sis vga pada ubuntu

1. Download Source (file intelsrc...) SiS671 VGA driver di : http://ubuntuforums.org/showpost.php...07&postcount=4
2. Menggunakan terminal, ketik sbb :

* sudo apt-get build-dep xserver-xorg-video-sis
* sudo apt-get install displayconfig-gtk
* tar -xjf intelsrc.tar.bz2
* cd 2d-driver
* ./configure --prefix=/usr
* sudo make install
* gksu displayconfig-gtk

berhasil sudah instalasi ubuntu di Byon M31W
apm power_off=1

Reply

kalau saya untu vga sih dah support ke resolusi 1280...cuma permasalah shutdown ga sempurna...harus ditekan power off...
ada yg bisa bantu???

Reply

bagi ananonim pakai ubuntu 9.10 sudah bisa shutdown sendiri dengan driver sisimedia. cari di posting aku yang terbaru.

Reply

Posting Komentar