Tips mempercepat Kinerja Ubuntu dan Turunannya

Mungkin sudah lama tidak posting karena liburan hari raya, hari ini saya ingin memposting cara mempercepat kinerja ubuntu kita, tidak di pungkiri sekarang ubuntu maupun turunannya banyak digunakan oleh para pengguna komputer. oke langsung saja ya. artikel ini saya ambil dari www.tahutek.net berikut tip dan triknya:
1. Mengurangi nilai swappiness
Di Linux, dikenal adanya partisi swap yang berguna sebagai memori cadangan jika memori utama (RAM) sudah habis. Jika kalian mempunyai memori (RAM) lebih dari 1GB ada baiknya kalian mengurangi nilai swappiness alias biarkan RAM yang meng-handle semua proses yang ada karena bagaimana pun RAM lebih cepat daripada hard disk. Untuk mengubah nilai swappiness, tambahkan baris "vm.swappiness=10" pada file "/etc/sysctl.conf". Jika baris "vm.swappiness" sudah ada, cukup ganti nilainya menjadi "10".

2. Menginstal preload
Preload akan membuat cache aplikasi yang sering dipakai di hard disk atau di memori. Dengan adanya cache ini aplikasi bisa dibuka lebih cepat.
sudo apt-get install preload

Setelah terinstal, preload akan dijalankan secara otomatis ketika booting. Biasanya aplikasi harus dibuka 20-30 kali agar cache dapat dibuat oleh preload, jadi gunakan komputer secara normal seperti keseharian kalian agar mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mematikan service dan start-up yang tidak dibutuhkan
Sebagai contoh, kita tidak mempunyai Bluetooth di komputer, apa gunanya mengaktifkan service Bluetooth? Dengan mematikan service dan start-up yang tidak dibutuhkan, secara otomatis akan mempercepat proses booting komputer.

3. Mematikan start-up yang tidak dibutuhkan
Untuk melakukannya, ketik perintah berikut di Terminal:
gnome-session-properties


4. Mematikan service yang tidak dibutuhkan
Untuk dapat mematikan service, kalian harus menginstal aplikasi yang bernama "sysv-rc-conf". Ketik perintah berikut untuk menginstalnya:

sudo apt-get install sysv-rc-conf

Setelah terinstal, jalankan dengan mengetik perintah berikut:
sudo sysv-rc-conf

Nah, kalian dapat mematikan service yang tidak diinginkan dengan menghilangkan tanda "X" pada service yang dimaksud. Jika kalian bingung mengenai penjelasan dari services yang ada, silakan klik di sini untuk penjelasan singkatnya.

5. Menggunakan aplikasi yang ringan
Di Ubuntu/Linux tersedia banyak aplikasi yang siap instal tanpa harus membayar, ada aplikasi kaya fitur namun cukup berat ada juga aplikasi yang sederhana dan ringan. Sebagai contoh, untuk aplikasi BitTorrent Client ada Vuze yang kaya fitur namun cukup berat, ada juga Transmission yang sederhana dan ringan. Tentu saja, semua keputusan untuk menggunakan aplikasi berada di tangan kalian. Saran saya gunakan aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan fiturnya.

Posting Komentar