Install dan program awal free pascal di Jangkar

Posting saya yang kemarin membahas gimana saya terinpirasi dengan namanya pascal, untuk kali ini saya ingin membahas gimana caranya menginstall program tersebut di Jangkar 4.0 (dampo awang), tip ini juga dapat dilakukan di Ubuntu, Linux Mint, Blankon atau semua turunan ubuntu, yang mana program free pascal sudah masuk ke dalam repositorinya ubuntu.
caranya cukup mudah, yaitu :
1. Silahkan anda update dulu repositori anda.
2. Kalau sudah silahkan anda ketikkan

sudo apt-get install fp-compiler fp-ide
3. Setelah selesai maka anda dapat menjalankan dengan perintah
sudo fp
sekarang saya inginn membuat program pertama saya yaitu menampilkan kata "hello word", seperti program-perogram yang lainnya. langkahnya:
1. Buka freepascal
2. Klik File kemudian New
3. kemudian tulisakan script berikut:
uses crt;
begin
writeln('Hello Word');
end.
4. kemudian untuk dapat melihatnya hasldari script diatas silahkan anda simpan dan compile


5. yang terakhir di run menghasilkan

Posting Komentar