Program Open Source untuk SMK Multimedia

Untuk kali ini saya akan menshare program open source untuk SMK yang membuka program keahlian Multimedia. tidak dipungkiri bawah setiap SMK-SMK yang ada masih banyak memakain program bajakan, padahal ada SO dan program aplikasi yang free. Mungkin kalau setiap SMK diwajibkan melegalkan software di komputer yang di pakainya membutuhkan dana yang tidak sedikit, apa lagi SMK yang membuka program keahlian Multimedia, karena aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan wajib membayar lisensi yang tidak sedikit, saya ilustrasikan aja, apabila 1 komputer terisi : sistem operasi windows xp (Rp. 800.000,-), coreldraw (Rp. 4.000.000,-), photoshop (Rp. 3.500.000,-) maka setiap komputer akan membutuhkan dana sebesar 8 jutaan, itu belum aplikasi-aplikasi yang lain. maka kalau ada 20 komputer aja maka membutuhkan dana sebesar 160 jutaan.
sehingga untuk kali ini saya ingin menuliskan aplikasi-aplikasi yang free tapi hasilnya tidak kalah ama yang berbayar (tinggal daya kreatifitas pemakai). langsung aja
1. Aplikasi vector pengganti corel
anda bisa memakain Inscape dan bisa ambil di inkscape.org


2. Aplikasi pengolah foto pengganti photoshop
anda bisa memakai gimp dan bisa di ambil di www.gimp.org

3. Buat editing audio
anda bisa memakai audacity

4. untuk editing video
anda bisa memakai openshot

1 comments:

wah. OS berbasis LINUX sekarang lengkap banget. . .
bolehkah saya bertanya. ?
apakah anda seorang guru di SMK yg berbasis MM?
kalo iya, apa komputer sekolah sudah menggunakan OS Open Source, beserta aplikasi2 yang anda sebut di atas?
apasih kendala jika seseorang yang bekerja di bidang MM, jika menggunakan OS Open Source dan aplikasi2 tersebut?
terima kasih :)

##UNTUK BAHAN REFERENSI SAYA, YANG MAU BERALIH DARI OS BIASA KE OS LUAR BIASA##

tambahan:
openshot itu tampilannya mirip PiTiVi ya. . . menurut pengalaman saya yg baru mencoba KDENLIVE beberapa jam yang lalu kalo editing video mending pakai KDENLIVE. fitur dan tampilan hampir menyamai SONY VEGAS dan MAGIX. (maklum saya bukan pengguna Adobe Premiere PRO :) )

Reply

Posting Komentar