Membangun Web Conference untuk Pendidikan


Artikel ini pernah saya baca di majalah info linux pada waktu ubuntu 10.04 a.k.a Lucid Lynx release. setelah saya baca dan saya pratekkan ternyata bisa dan mudah. karena dulu jaringan sedang trouble maka ga saya teruskan dan ubuntu yang udah aku konfigurasi terformat. hari ini saya mencoba mengulang lagi konfigurasi dengan merujuk artikel www.karyaguru.com, semoga ini bermanfaat bagi dunia pendidikan karena dapat mempersingkat jarak dan waktu dalam pengajaran berbasis web conference. langsung aja berikut langkah-langkahnya
1. Memasukkan key dan repo bigbluebutton

wget http://archive.bigbluebutton.org/bigbluebutton.asc
sudo apt-key add bigbluebutton.asc
echo "deb http://archive.bigbluebutton.org/lucid bigbluebutton-lucid main" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/bigbluebutton.list
sudo apt-get update

2. Melakukan Install Paket yang dibutuhkan
sudo apt-get install asterisk bigbluebutton

3. Konfigurasi
pada waktu muncul dialog telephone code silahkan anda isi 62 untuk indonesia (kalau negara lain silahkan sesuaikan)
dan karena ini akan berhubungan data mysql maka nantinya akan di suruh memasukkan password mysql (ini membuat password)
4. Restart BigBlueButton

sudo bbb-conf –restart
sudo bbb-conf –check

5. Setelah itu anda buka ke web browser dan ketikkan alamatnya ip_address yang anda gunakan

Posting Komentar