[Raspberry Pi] Motheboard seukuran Kartu Kredit

Apa sih raspberry pi, pertama kali saya mendengar nama tersebut adalah di Fabebook karena namanya di tag oleh temen dari palembang Koriko Dyken (DNA Extrim) yang menjelaskan dia baru ngoprek yang namanya Raspberry Pi yaitu motherboar seukuran kartu kredit, karena penasaran maka saya melihat video yang di cantumkan oleh kan koriko, berikut videonya
berikut penjelasan dari wiki 
The Raspberry Pi is a credit card sized single-board computer developed in the UK by the Raspberry Pi Foundation with the intention of stimulating the teaching of basic computer science in schools. The Raspberry Pi has a Broadcom BCM2835 system on a chip (SoC),which includes an ARM1176JZF-S 700 MHz processor, VideoCore IV GPU, and 256 megabytes of RAM. It does not include a built-in hard disk or solid-state drive, but uses an SD card for booting and long-term storage. The Foundation's goal is to offer two versions, priced at US$ 25 and US$ 35. The Foundation started accepting orders for the higher priced model on 29 February 2012.
The Foundation provides Debian and Arch Linux ARM distributions for download. Also planned are tools for supporting Python as the main programming language,with support for BBC BASIC, (using the "Brandy Basic" clone), C, and Perl.
bingung artinya apa? intinya saja ya : Raspberry pi adalah board seukuran kartu kredit yang dibangun oleh Raspberry Pi di UK (United Kingdom) menggunakan Broadcom, system operasi yang bisa menggunakan board ini adalah Debian dan Arch Linux berbasis ARM.
dari hasil browsing saya menemukan beberapa os yang bisa di gunakan oleh Raspberry Pi antara lain Bodhi Linux, Blankon Rote (Distro dalam negeri), Rassbian "wheezy"
menurut pendapat saya, board ini akan berkembang karena nantinya bisa menyaingi mikrotik yaitu board yang khusus networking. semoga yang pengembang sistem operasi dari boardnya ini akan terus mengembangkan dan makin banyak yang mengembangkan tentunya paling pentin masih open source. sumber: www.bodhilinux.com http://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi http://staff.blog.ui.ac.id/jp/2012/09/12/blankon-dan-raspberry-pi/

Posting Komentar