Gnome 3.2 di SIS 671/672 [Byon atau Axioo]

Setelah sekian lama menunggu untuk dapat menggunakan tampilan GNOME 3 yang terbaru dan bisa di gunakan untuk laptop dengan chipset VGA SIS 671/672 seperti laptop saya BYON atau yang lain laptop AXIOO. pada awal akan di luncurkannya ubuntu 11.10 yang akan berbasis GNOME 3 udah aku coba dari rilis alpha sampai beta hasilnya nihil, karena laptop BYON saya tidak mau menjalankan GNOME 3 yang didalamnya udah ada Gnome-Shell. akhirnya setelah ada waktu senggang untuk ngoprek lagi dan ingin mencoba Ubuntu 11.10 yang versi final maka aku coba dengan ubuntu tersebut, dengan sedikit kecewa karena ubuntu masih pakai unity walaupun udah banyak perubahan unity yang digunakan.

kemudian VGA sisnya juga belum di support oleh ubuntu (capek juga nunggu driver sis bisa di suuport dari ubuntu 7 sampai ubuntu 11). setelah mencoba di install kemudian aku coba pakai driver sis yang ubuntu natty 11.04 yang aku compile dari github helnest baca disini. setelah browsing-browsing malah nemu link http://www.linuk.web.id/2011/10/ubuntu-1110-oneiric-ocelot-restricted.html yang di dalamnya ada cara install gnome-shell dan fallback mode yang saya ga tahu apa itu, setelah aku coba ternyata merupakan gnome3 versi 2D bukan yang 3D, akhirnya aku bisa menikmati gnome3 di laptop byon yang mengantar saya untuk belajar linux lebih jauh.
kalau mau download silahkan klik filenya
Gnome-Shell+Fallback mode
kemudian cara istallnya cukup mudah
1. Download file kemudian ekstrak

2. Masuk ke folder ekstrak kemudian jalankan file install.sh
3. masukkan password terus tunggu sampai proses selesai
4. kemudian logoff
5. pada waktu login pilih GNOME

dengan klik gambar disamping username

3 comments

mohon maaf, ini isi cerita dan judul kok kurang nyambung ya..? btw saya juga punya masalah yang sama berkaitan dengan sis671 BYON yang tidak kunjung ada solusi di Ubuntu 11.10, berusaha compile sendiri dari yang versi sebelumnya, hasilnya tetep nihil, adakah solusi praktisnya, thanks b4 btw

Reply

untuk mas taufig ga nyambung gimana, ni drivernya pakai driver sis yang aku compile kemudian aku install gnome 3.2, karena 11.10 kan defaultnya unity tidak gnome.

Reply

intinya yang pakai driver sis belum bisa menikmati gnome-shell 3D ya?

Reply

Posting Komentar