Install Puppy Linux di Anoa 212 Zyrex

Kemarin aku di suruh memperbaiki laptop merk Anoa 212 Zyrex yang berhardisk cuma 2 GB, tidak ada CDRoom, DVD. malah tambah bingung lagi di dalamnya udah ada windows dan ternyata blue screen. aku coba install windows XP SP1 setelah proses copy file install lasi dan restart ternyata blue screen lagi. aku coba beberapa kali lagi ternyata sama. aku coba pakai live cd windows ternyata juga sama bluescreen. sehingga aku putuskan untuk install linux. aku coba pakai ubuntu 9.04 versi livecdnya ternyata berjalan dengan sukses (ga ada blue screennya) eh aku coba install ternyata HD ga cukup. pusing dehhhhh
setelah aku browsing n cari linux yang kecil tapi tampilannya bagus aku nemuin yang namanya Puppy Linux dan aku coba download versi yang terakhir dengan besar kurang lebih 100 MB.
setelah itu aku burn di cd dan aku coba ternyata sukses berjalan, yang jadi pertanyaannya gimana cara memasukkan ke HD laptopnya. aku coba beberapa kali mungkin sampai 10 x lebih, karena selama 2 hari aku coba sampai jam 1 malam terus ga berhasil, aku browsing cari di mbah google juga masuh ga bisa2. kemudian aku coba utak utik dan berhasil.....
mau tau caranya:
gini....

Langsung aja ya
1. format HDnya pakai gparted (klik start --> system -- gparted)
2. format dengan ext2 (katanya puppy belum kenal dengan ext3)
3. kemudian klik appply tunggu beberapa menit
4. kemudian klik kanan area HD kemudian klik manage flag
5. kemudian pilih yang boot
6. tunggu kemudian tutup program gparted
7. klik start --> setup --> remastering cdlive
8. ikuti langkah selanjutnya sampai selesa
9. klik start --> setup --> install universal..
10. ikuti langkahnya....
11. sampai cd installnya keluar
12. kemudian restart....
13. kalau ada perintah simpan klik aja simpan
14. tunggu beberapa saat karena biasanya sedikit lama
15. selasai deh anda bisa menikmati puppy linux

pasti anda bertanya kog bisa install pakai cd padahal ga ada cd. anda bisa pakai cd external atau anda buat booting dengan FD.

maaf jika ada kesalahan maklum newbie dalam hal linux.

semoga aja bermanfaat

Chung Chin

2 comments

Untuk Wifi di puppylinux apakah bisa berjalan dengan baik?
Sudah experimen intall XP lagi gak Bos? Klo bisa, aku di info ya ...

Maturnuwun, tengkyu Boss ...

Reply

kalau wifi udah berjalan dengan lancar di puppy linux karena pada waktu install langsung aku coba untuk internetan dengan wifi, kalau mau nyoba untuk XP belum bisa aku lakukan karena keburu diminta orangnya soalnya ya cuma di suruh ngintalkan. he...

Reply

Posting Komentar